Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Mainan Lego Batman

Seperti yang diketahui, lego merupakan salah satu mainan yang sangat identik dengan anak-anak. Seperti lego batman yang dibuat dengan karakter hero sehingga sangat cocok sebagai teman bermain si kecil. Akan tetapi, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal saat ingin membersihkan mainan tersebut.

Bagaimana Cara Membersihkan Lego Batman?

Saat memiliki lego di rumah, maka sangat penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan mereka membersihkan mainan tersebut. Dengan begitu, saat memainkannya kembali sudah dalam keadaan yang benar-benar bersih. Di bawah ini beberapa cara membersihkannya:

1.   Bersihkan dari Kotoran

Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan lego dari debu maupun kotoran. Terutama pada bagian-bagian lego yang sulit untuk dijangkau. Proses membersihkan mainan tersebut juga perlu dilakukan secara berkala agar nantinya dapat aman saat dimainkan kapan saja.

Lego Batman

Anda dapat membersihkan mainan tersebut secara menyeluruh. Jika perlu, gunakan cotton bud, sikat gigi bekas, ataupun tusuk gigi. Kemudian gunakan salah satu alat tersebut untuk membersihkan sudut dan bagian lego yang kotor dan penuh dengan debu.

2.   Rendam dengan Air

Selanjutnya, setelah mainan tersebut benar-benar dibersihkan pastikan untuk segera merendam seluruh kepingannya memakai air sabun dengan bahan yang ringan. Hal ini berarti, sangat penting untuk melepaskan seluruh bagian yang tidak sensitif dengan air.

Setelah melepaskannya, maka siapkan ember berisi air hangat. Tambahkan sedikit sabun yang berbahan ringan pada air tersebut. Selanjutnya, rendam semua kepingan lego dan tunggu sampai beberapa waktu. Kocok kepingan lego tersebut dengan lembut dan bilas sampai bersih.

3.   Gunakan Larutan Cuka

Saat membersihkan mainan lego, hal tersebut tidak hanya dapat memanfaatkan air saja. Anda juga bisa menambahkan air dengan larutan cuka sebagai langkah desinfeksi. Terlebih jika mainan tersebut sudah memiliki bau yang tidak sedap dan disertai dengan kotoran membandel sehingga perlu segera dibersihkan.

Caranya adalah dengan menyiapkan wadah berisi cuka putih dan campur dengan air. Rendam kepingan lego yang dimiliki dengan air larutan cuka tersebut sekitar 10 menit saja. Jika semua kepingan sudah terendam dalam beberapa waktu tersebut, maka langsung bersihkan dengan air dingin.

4.   Bersihkan dengan Sikat

Cara yang satu ini dapat menjadi pilihan jika memang Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak. Caranya adalah dengan memanfaatkan sikat gigi yang sudah tidak digunakan lagi. Akan tetapi, pastikan untuk lebih teliti dalam membersihkan mainannya menggunakan sikat tersebut.

Jika sudah membersihkannya dengan sikat gigi bekas, maka taruh kepingan lego pada sebuah wadah. Isikan wadah tersebut dengan air hangat. Sikat kembali dengan sikat gigi bekas secara lembut dan perlahan-lahan. Pastikan melakukan cara ini sampai kotoran bandel benar-benar hilang.

5.   Keringkan dengan Handuk

Terakhir, jika Anda sudah melakukan proses membersihkan lego, maka sangat penting untuk segera mengeringkannya. Keringkan setiap kepingan lego dengan cara yang tepat. Yakni meletakkannya pada sebuah handuk bersih. Kemudian tunggu beberapa waktu sampai air terserap oleh handuk.

Setelah itu, hindari untuk menggosok lego memakai hair dryer. Ada baiknya gunakan saja kipas angin yang diarahkan ke seluruh bagian kepingan lego tersebut. Dengan cara ini, maka lego sudah dapat dipakai dalam keadaan bersih dan benar-benar kering.

Itu tadi beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat ingin membersihkan mainan lego batman di rumah. Dengan menerapkan cara tersebut, maka tentu saja setiap kepingan lego sudah terjamin kebersihan dan keamanannya saat ingin digunakan oleh anak-anak.

Posting Komentar untuk "Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Mainan Lego Batman"